Jumat, 30 Maret 2012

Kenaikan Harga BBM tahun 2012

Nama        : Riza Setya Saputra
Kelas        : 2EA17
NPM        : 16210091
Tugas      : Softskill

Bab 1
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah:

  Rencana pemerintah menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang akan diterapkan dengan awal bulan April, nampaknya tinggal menghitung hari.

1.2 Tujuan Penulisan

  Tujuan Penulisan ini adalah membahas tentang kenaikan BBM yang berdampak kepada pekerja buruh.

1.3 Latar Belakang Masalah

   Berdasarkan latar belakang masalah di atas rumusan permasalahan sebagai berikut :
1.Apa yang terjadi bila kenaikan Bahan Bakar Minyak terhadap pekerja buruh.?
2.Apakah kenaikan bahan bakar minyak mendapatkan kompensasi yang setimpal. ?

BAB 2
PEMBAHASAN

2.1 Pengaruh Bahan Bakar Minyak ( BBM ) terhadap pekerja Buruh
Pengaruh kenaikan  harga BBM akan sangat terasa untuk para buruh nasional. "Kenaikan BBM akan sangat dirasakan oleh kalangan buruh nasional kita, perjuangan mereka kemarin untuk menaikkan upah minimumnya terasa sia-sia," ujar anggota komisi IX DPR RI Herlini Amran, di Jakarta, Jumat (23/3/2012).
Legislator Partai Keadilan Sejahtera ini melanjutkan, daya beli buruh yang diharapkan naik pasca kenaikan UMK kemarin, seperti tercabik-cabik akibat kenaikan harga BBM. Apalagi, 46 Komponen KHL dalam Permenaker 17/2005 sudah otomatis akan naik nominal harganya.
"Contoh sederhana, harga sandang, pangan, sewa kamar pasti dan lain-lainnya pasti akan naik, sedangkan revisi komponen KHL untuk menyesuaikan harga komponen tersebut dilakukan pada akhir tahun," katanya.
Kenaikan harga BBM juga dapat berakibat naiknya biaya produksi yang menyebabkan kenaikan biaya produksi sehingga membebankan kenaikan biaya produksi tersebut kepada pekerja, seperti menunda pembayaran gaji, memotong gaji atau mengurangi jumlah pekerja.
Anggota DPR asal Kepulauan Riau ini meminta Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (kemenakertras) untuk mengimbau Apindo agar tidak melakukan hal-hal tersebut kepada karyawannya, akibat dampak kenaikan harga BBM yang berdampak pada sektor Industri. Herlini meminta pemerintah sebaiknya mengkaji ulang dampak dari kenaikan harga BBM yang nyata-nyatanya berdampak luas pada masyarakat kelas menengah kebawah seperti kalangan buruh ini.
"Jelang kenaikan BBM ini saja, harga obat generik ditetapkan naik 6 sampai 9 persen oleh Kemenkes, salah satu alasannya adalah akibat kenaikan harga BBM," ujarnya.
Masih ada solusi lain untuk mengatasi kenaikan harga minyak dunia selain menaikkan harga BBM bila Pemerintah mau kreatif dan tidak selalu mencari solusi yang paling mudah.
Seperti melakukan penghematan anggaran dengan melakukan diet ketat untuk tidak belanja hal-hal yang tidak penting, memaksimalkan pendapatan pajak agar tidak bocor dan lain-lainnya. "Asal ada good will saja dari pemerintah untuk tidak menaikkan harga BBM," ujarnya.
Menurut Herlini Arman : Contoh sederhana, harga sandang, pangan, sewa kamar pasti dan lain-lainnya pasti akan naik, sedangkan revisi komponen KHL untuk menyesuaikan harga komponen tersebut dilakukan pada akhir tahun.

2.2 Kompensasi yang di berikan pemerintah ketika kenaikan BBM 



Kita semua tahu bahwa pada 1 April nanti pemerintah akan menaikan BBM bersubsidi premium dan solar.
Pemerintah tidak hanya menaikan BBM bersubsidi dan memindahkan beban kepada masyarakat. Ada empat langkah yang merupakan satu kebijakan yaitu (1) menaikan harga, (2) memberikan kompensasi kepada masyarakat, (3) mengurangi penggunaan BBM bersubsidi, dan mengkonversi penggunaan minyak ke gas, (4) paket kebijakan yang kait mengkait dan ada pentahapan pelaksanaannya.
Inilah 4 paket kebijakan kompensasi untuk 30% rumah tangga miskin dengan tingkat ekonomi terendah di Indonesia, antara lain (1) penambahan frekuensi jatah beras miskin sebanyak dua bulan, menjadi 14 kali per tahun dan saat ini sebanyak 12 kali per tahun dengan harga tembus di Rp. 1.600/kilogram, (2) pemberian bantuan langsung sementara masyarakat berupa dana tunai senilai Rp. 150.000,-/bulan untuk 18,5 juta rumah tangga yang mencakup 30% rumah tangga miskin, (4) konpensasi untuk sektor transportasi sebesar Rp. 5 Trilliun dengan tujuan agar kenaikan tiket angkutan kelas ekonomi tidak melonjak seiring dengan kenaikan harga BBM bersubsidi.
Pemerintah telah memperkirakan kenaikan harga premium dan solar akan diikuti dengan kenaikan harga berbagai komoditas dan biaya transportasi. Pemerintah akan mengalirkan paket-paket kompensasi tersebut setelah terjadi kenaikan harga BBM bersubsidi. Paket-paket kompensasi tersebut dipandang oleh pemerintah cukup untuk meredam kenaikan harga premium dan solar untuk warga dengan tingkat sosial ekonomi terendah.

BAB 3
PENUTUP

KESIMPULAN
Bahwa Kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) akan berdampak luas,bagi sebagian orang banyak kenaikan BBM hanyalah penambah penderitaan bagi kaum berpenghasilan kurang mampu.bagi pemerintah harus menetralisir atas kenaikan Bahan Bakar minyak tersebut agar tidak ada yang di rugikan.

DAFTAR PUSTAKA : 
 - http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2012/03/23/17372632/Dampak.Kenaikan.BBM.Sangat.Pengaruhi.Buruh.
-http://metro.kompasiana.com/2012/03/17/inilah-4-kompensasi-kenaikan-bbm-bersubsidi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar