Analisis tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan Bakmi
Aisy di Depok
Oleh Rina Dwiwinarsih
Tema
Kepuasan konsumen
Latar belakang
Perkembangan perekonomi membawa dampak bagi kehidupan
manusia terutama dunia usaha pada saat ini. Di samping itu banyaknya usaha yang
bermunculan baik perusahaan kecil maupun besar berdampak pada persaingan yang
ketat antar perusahaan baik yang sejenis maupun yang tidak sejenis. Oleh karena
itu pemasaran merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan dalam menghadapi
persaingan, pengembangan usaha dan untuk mendapatkan laba, sehingga perusahaan
dapat mengembangkan produknya, menetapkan harga, dan mengadakan promosi. Dalam
pengembangan suatu usaha dibutuhkan pemasaran yang jitu. Karena yang dihadapi
saat ini bukan hanya bagaimana pelayanan saja, tetapi yang paling penting
adalah beberapa cara pemasaran yang dapat digunakan untuk mempengaruhi pembeli
menurut Kothler (2000) yang mempunyai peranan yang sangat penting harga
(price), tempat (place) dan promosi (promotion). Masalah-masalah akan selalu
muncul baik dari dalam perusahaan maupun dari luar perusahaan. Untuk
meningkatkan dan mempertahankan usaha serta persaingan yang ketat diperlukan
suatu cara, salah satunya yaitu dengan meningkatkan kepuasan konsumen maka
tingkat penjualan dipastikan akan naik. Oleh sebab itu konsumen harus
dipuaskan, jika tidak ini akan berdampak buruk bagi usaha itu sendiri, hal
tersebut dikarenakan konsumen sangat penting sebagai pendapatan, maka
perusahaan harus berusaha untuk memaksimalakan pelayanaan terhadap pelanggan.
Masalah
Seberapa besar pengaruh pelayanan Bakmi Aisy di Depok
terhadap kepuasan konsumen.
Tujuan
Untuk menganalisis tingkat kepuasan yang di rasakan oleh
konsumen terhadap pelayanan Bakmi Aisy di Depok.
Metodelogi
Data dan sampel
Pengambilan sampel dilakukan dengan cara system acak (system
ramdom sampling) di Bakmi Aisy di Depok. Penelitian ini dilakukan dengan
menyebarkan kuisioner kepada 50 orang konsumen (pelanggan) sebanyak 10
pertanyaaan yang dilaksanakan di Bakmi Aisy untuk mengetahui seberapa besar
analisis kepuasan komsumen terhadap pelayanaan Bakmi Aisy Depok.
Alat analisis
Penulis menggunakan analisis Deskriptif Kualitatif, analisis
Skala Likert, analisis dengan uji hipotesis melalui analisis Chi Square.
Model penelitian
Statistic chi square
Yang didistribusikan dengan degree of freedom = k – 1
Variabel penelitian
Reliability (Keandalan)
Responsiveness (Daya Tanggap)
Assurance (Kemampuan)
Tangible (fasilitas)
Emphaty (Perhatian)
Tahap penelitian
1. Penentuan variabel yang digunakan
2. Proses pengumpulan dan perhitungan data dari penyebaran
kuisioner
3. Penilaian tingkat kepuasan konsumen dengan uji skala
likert
4. Pengujian data dengan menggunakan uji chi square (Chi
Kuadrat)
5. Penjabaran analisis tingkat kepuasan konsumen terhadap
pelayanan Bakmi Aisy
Analisa dan hasil
Penilaian Tingkat Kepuasan Konsumen Dengan Uji Skala Likert
Pengujian Data Dengan Menggunakan Uji Chis Square (Chi
Kuadrat)
1. Ho: Konsumen merasa tidak puas atas pelayanan yang
diberikan oleh Bakmi Aisy di Depok. Ha: Konsumen merasa puas atas pelayanan
yang diberikan oleh Bakmi Aisy di Depok.
2. Taraf nyata (α) : 5% = 0,05
3. Derajat Bebas (Db) = (k-1) (b-1)
= (5-1) (5-1) = 16
4. Wilayah kritis
χ² tabel = χ²(α; Db)
= χ² (0,05 ; 16) = 26,296 (nilia chi square dari tabel untuk
tingkat signifikan 5% dan derajat kebebasan 16 adalah 26,296)
5. Nilai Hitung
χ² = Σ (Fo-Fe)²
Fe
Fe = Pr x Pe x n
Ket :
Jika χ2 tabel < χ2 hit Ho ditolak Ha
diterima
χ2 tabel > χ2 hit
Ho diterima Ha ditolak
Karena X² table 0.05 ; 16 = (26.296) <
X² hit (326.628), maka Ho ditolak dan Ha diterima, berarti hipotesis
alternative (Ha) dapat diterima yang menyatakan bahwa konsumen merasa puas
terhadap pelayanan yang diberikan Bakmi Aisy di Depok.
Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Bakmi
Aisy
dilihat bahwa dari 50 responden, sebanyak 11.4% (5
responden) menyatakan sangat puas, 38% (19 responden) meyatakan puas , 41.4%
(21 responden) menyatakan cukup puas, 7.8% (3 responden) menyatakan kurang
puas, dan 1.4% (2 responden) Menyatakan tidak puas Dengan begitu dapat diambil
kesimpulan bahwa rata-rata konsumen merasa Cukup Puas dengan keseluruhan
pelayanan yang diberikan oleh Bakmi Aisy Depok.
Rekomendasi dan implikasi
Peningkatan kepuasan konsumen terhadap layanan harus terus
dikembangkan, karena semakin banyaknya pesaing. Pemasaran merupakan salah satu
kegiatan yang dilakukan dalam menghadapi persaingan, pengembangan usaha dan
untuk mendapatkan laba, sehingga Bakmi Aisy dapat mengembangkan produknya,
menetapkan harga, dan mengadakan promosi serta meningkatkan pelayanan yang baik
kepada konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar