Kamis, 29 November 2012

Analisis Jurnal 1


Analisis tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan Bakmi Aisy di Depok
Oleh Rina Dwiwinarsih

Tema
Kepuasan konsumen

Latar belakang

Perkembangan perekonomi membawa dampak bagi kehidupan manusia terutama dunia usaha pada saat ini. Di samping itu banyaknya usaha yang bermunculan baik perusahaan kecil maupun besar berdampak pada persaingan yang ketat antar perusahaan baik yang sejenis maupun yang tidak sejenis. Oleh karena itu pemasaran merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan dalam menghadapi persaingan, pengembangan usaha dan untuk mendapatkan laba, sehingga perusahaan dapat mengembangkan produknya, menetapkan harga, dan mengadakan promosi. Dalam pengembangan suatu usaha dibutuhkan pemasaran yang jitu. Karena yang dihadapi saat ini bukan hanya bagaimana pelayanan saja, tetapi yang paling penting adalah beberapa cara pemasaran yang dapat digunakan untuk mempengaruhi pembeli menurut Kothler (2000) yang mempunyai peranan yang sangat penting harga (price), tempat (place) dan promosi (promotion). Masalah-masalah akan selalu muncul baik dari dalam perusahaan maupun dari luar perusahaan. Untuk meningkatkan dan mempertahankan usaha serta persaingan yang ketat diperlukan suatu cara, salah satunya yaitu dengan meningkatkan kepuasan konsumen maka tingkat penjualan dipastikan akan naik. Oleh sebab itu konsumen harus dipuaskan, jika tidak ini akan berdampak buruk bagi usaha itu sendiri, hal tersebut dikarenakan konsumen sangat penting sebagai pendapatan, maka perusahaan harus berusaha untuk memaksimalakan pelayanaan terhadap pelanggan.

Masalah

Seberapa besar pengaruh pelayanan Bakmi Aisy di Depok terhadap kepuasan konsumen.

Tujuan

Untuk menganalisis tingkat kepuasan yang di rasakan oleh konsumen terhadap pelayanan Bakmi Aisy di Depok.

Metodelogi
Data dan sampel

Pengambilan sampel dilakukan dengan cara system acak (system ramdom sampling) di Bakmi Aisy di Depok. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuisioner kepada 50 orang konsumen (pelanggan) sebanyak 10 pertanyaaan yang dilaksanakan di Bakmi Aisy untuk mengetahui seberapa besar analisis kepuasan komsumen terhadap pelayanaan Bakmi Aisy Depok.

Alat analisis
Penulis menggunakan analisis Deskriptif Kualitatif, analisis Skala Likert, analisis dengan uji hipotesis melalui analisis Chi Square.

Model penelitian
Statistic chi square


Yang didistribusikan dengan degree of freedom = k – 1

Variabel penelitian
Reliability (Keandalan)
Responsiveness (Daya Tanggap)
Assurance (Kemampuan)
Tangible (fasilitas)
Emphaty (Perhatian)

Tahap penelitian

1. Penentuan variabel yang digunakan
2. Proses pengumpulan dan perhitungan data dari penyebaran kuisioner
3. Penilaian tingkat kepuasan konsumen dengan uji skala likert
4. Pengujian data dengan menggunakan uji chi square (Chi Kuadrat)
5. Penjabaran analisis tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan Bakmi Aisy

Analisa dan hasil

Penilaian Tingkat Kepuasan Konsumen Dengan Uji Skala Likert


Pengujian Data Dengan Menggunakan Uji Chis Square (Chi Kuadrat)

1. Ho: Konsumen merasa tidak puas atas pelayanan yang diberikan oleh Bakmi Aisy di Depok. Ha: Konsumen merasa puas atas pelayanan yang diberikan oleh Bakmi Aisy di Depok.

2. Taraf nyata (α) : 5% = 0,05
3. Derajat Bebas (Db) = (k-1) (b-1)
= (5-1) (5-1) = 16
4. Wilayah kritis
χ² tabel = χ²(α; Db)
= χ² (0,05 ; 16) = 26,296 (nilia chi square dari tabel untuk tingkat signifikan 5% dan derajat kebebasan 16 adalah 26,296)
5. Nilai Hitung
χ² = Σ (Fo-Fe)²
              Fe
Fe = Pr x Pe x n


Ket :
Jika χ2 tabel < χ2 hit Ho ditolak Ha diterima
      χ2 tabel > χ2 hit Ho diterima Ha ditolak

Karena X² table 0.05 ; 16 = (26.296) < X² hit (326.628), maka Ho ditolak dan Ha diterima, berarti hipotesis alternative (Ha) dapat diterima yang menyatakan bahwa konsumen merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan Bakmi Aisy di Depok.

Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Bakmi Aisy

dilihat bahwa dari 50 responden, sebanyak 11.4% (5 responden) menyatakan sangat puas, 38% (19 responden) meyatakan puas , 41.4% (21 responden) menyatakan cukup puas, 7.8% (3 responden) menyatakan kurang puas, dan 1.4% (2 responden) Menyatakan tidak puas Dengan begitu dapat diambil kesimpulan bahwa rata-rata konsumen merasa Cukup Puas dengan keseluruhan pelayanan yang diberikan oleh Bakmi Aisy Depok.

Rekomendasi dan implikasi

Peningkatan kepuasan konsumen terhadap layanan harus terus dikembangkan, karena semakin banyaknya pesaing. Pemasaran merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan dalam menghadapi persaingan, pengembangan usaha dan untuk mendapatkan laba, sehingga Bakmi Aisy dapat mengembangkan produknya, menetapkan harga, dan mengadakan promosi serta meningkatkan pelayanan yang baik kepada konsumen.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar