Kamis, 22 November 2012

Tips menata masa depan


masa depan, konotasinya meski penuh dengan tantangan, penuh dengan kesibukan dn bla...bla...bla....
sebenarnya, masa depan adalah masa dimana waktu tersebut belum terjadi. jadi, kita tidak akan tahu masa depan seperti apa. tapi menurut para ahli, masa depan akan menjadikan lapangan pekerjaan semakin sulit, tingkat persaingan di berbagai macam bidang akan menjadi lebih berat dan kompetitif, karena semakin banyaknya SDM yang bermunculan sejalan dengan banyaknya angka kelahiran melebihi angka kematian. dan hal ini didukung oleh jumlah SDA yang semakin cenderung menurun. wah tambah gawat nich? lantas, bagaimana kita menghadapinya? menyerahkah? oh tentunya tidak. kita harus berusaha dan berdo'a. salah satunya dengan menata masa depan.

menata masa depan adalah melakukan kegiatan-kegiatan, melakukan perencanaan yang matang guna menghadapi masa depan. hal ini sangat perlu sekali bagi anda yang ingin dapat berpenghidupan baik dimasa depan. ingin tahu cara-caranya? ingin tahu tips-tipsnya, berikut adalah beberapa cara dan tips guna menghadapi masa depan.

1. Tingkatkan kemampuan yang telah anda kuasai
memang disaat ini anda mungkin sudah mahir bahkan lebih jago jika dibanding dengan orang lain, tapi pastinya kemampuan tersebut perlu di upgrade, dan di upgrade lagi guna menghadapi tuntutan zaman. maka dari itu, mulailah membiasakan diri untuk mengasah dan terus mengasah kemampuan yang anda miliki.

2. jadilah Orang yang multi Talenta
masa depan memang sulit diprediksi coy, tapi apa salahnya kallau kita jaga-jaga. nah salah satunya dengan menjadi orang yang memiliki multi talenta. hal tersebut bisa apa sala, misalnya seseorang yang ahli menulis, dia juga punya bakat lain seperti seni dan ahli pemrograman, atau seseorang yang ahli memasak, tap juga memiliki kemampuan seperti ahli hukum perdata dll. semua itu, nantinya akan sangat diperlukan untuk menghadapi dinamika yang terjadi.

3. menjaga kesehatan dan gemar berolahraga
apa gunanya loe sukses, loe kaya, loe terkenal kalo loe ancur. nah, inilah yang harus dipersiapkan. dimasa depan tentunya kondisi lingkungan menjadi semakin buruk, cuaca tak menentu dan aktifitas masa lalu pasti akan berpengaruh pada diri kita. nah untuk itu, mulai dari sekarang, mulailah menjadi pribadi-pribadi yang sehat, pribadi-pribadi yang giat berolahraga. istilahnya gini, muda sehat, tua sehat sejahtera, nah siapa yang g mau??.

4. atur keuanganmu
g mungkin kan, dimasa depan semua semakin murah, semakin banyak kuantitasnya, g mungkin. nah oleh karena itu, biasakan anda mengatur keuangan mu secermat mungkin, langkah yang paling sederhana adalah menabung, dan bisa juga berhemat terhadap pengeluaran. lalu uang sisa sebaiknya diinvestasikan.

5. berinvestasi dan Berbisnis
mulailah berbisnis atau berinvestasi di saat anda muda, karena hal ini kaan membantu anda di masa depan dalam hal yang berkenaan dengan financial. lakukan sesegera mungkin, putar modal anda agar dapat menghasilkan rezeki yang semakin berlimpah.

6. jalin Hubungan Baik
hal ini sangat-sangat penting. istilahnya menjalin hubungan baik adalah kiat efektif untuk berinvestasi. hubungan di masa lalu akan membantu di masa depan, dan hal ini dapat dimulai dari sekarang. mulailah menjalin pertemanan yang baik sebnayak mungkin, mulailah untuk bersikap ramah, jujur pada orang lain. hal ini akan membuat pribadi anda menjadi terpercaya dan menyenangkan dimata orang lain.

7. selalu ikuti perkembangan Zaman
tidak ada salahnya kalau kita terus membaca, mendengarkan apa -apa yang sedang terjadi disaat ini melalui koran maupun media elektronik. hal ini akan membantu anda dalam mengambil keputusan yang nantinya akan sangat berpengaruh bagi masa depan anda.

8. Giatlah di masa muda
bekerja keras dimasa muda, wajib hukumnya. hal ini karena masa muda adalah masa puncak dalam kehidupan kita. dengan menjadi orang yang giat, orang yang berkerja extra keras dimasa muda, maka saat masa tua datang, kita akan menikmati hasil jerih payah kita.

9. tingkatkan softskill anda
softskill merupakan hal yang patut anda tingkatkan guna menghadapi masa depan. softskill bisa berupa jiwa kepemimpinan, sikap empati, sikap menghargai, kemampuan mengorganisir dll. jadi kembangkan lah softskill anda sesegera mungkin.

10. tingkatkan amal dan ilmu Agama anda
hal ini merupakan infestasi di atas masa depan hidup, yaitu masa depan setelah meninggal. hal ini patut dan wajib dimulai sekarang dan terus ditingkatkan mengingat manfaatnya yang melebihi kesembilan manfaat diatas.

referensi :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar