Kamis, 29 November 2012

Analisis jurnal 2

Judul: PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PRODUK MAKANAN TELA KREZZ CABANG BEKASI
Pengarang : Agyl Satrio Hutomo

Latar Belakang :

Dewasa ini dunia usaha sangat berkembang dengan pesat, hal ini disebabkan adanya ide kreatif dan inovatif. Konsumen yang potensial akan mempertimbangkan berbagai faktor, diantaranya faktor kualitas produk, kepuasan konsumen dan fasilitas yang ada sebelum memilih tempat yang dapat memberikan kepuasan tertinggi terhadap konsumen.

Tingkat kesibukan yang tinggi membuat masyarakat modern banyak menghabiskan waktu dirumah. Mereka lebih suka mencari jenis makanan ringan. Sehingga pada jaman sekarang ini banyak sekali jenis ukm makanan kecil yang bermunculan dengan harga yang terjangkau bagi semua lapisan masyarakat.
Bekasi merupakan salah satu daerah yang mempunyai banyak sekali jenis usaha makanan ringan, salah satunya adalah jenis makanan Tela Krezz yang terbuat dari bahan baku singkong yang disajikan dengan kemasan yang menarik. Jenis usaha makanan ini di Bekasi sangat memberikan peluang bagi para pengusaha.
Rumusan Masalah :

  1. Apakah kualitas produk mempunyai pengaruh yang positif terhadap loyalitas pelanggan?
  2. Apakah kepuasan konsumen mempunyai pengaruh yang positif terhadap loyalitas pelanggan?
  3. Apakah kualitas produk, kepuasan konsumen secara bersama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan?


Tujuan Penelitian :
  1. Untuk menganalisis tentang pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan.
  2. Untuk menganalsis pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas pelanggan.
  3. Untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, dan kepuasan konsumen secara bersama-sama terhadap loyalitas pelanggan

Metodologi Penelitian :

1.     Data dan Sampel :
Sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden. Metode penarikan sampel menggunakan metode simple random sampling.

2.    Alat Analisis :
Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, table coefficients, uji anova, dan model summary.

3.    Model Penelitian :




4.    Variable Penelitian :
-          Variable kepuasan konsumen (X1)
-          Variable kualitas produk (X2)
-          Variable Loyalitas pelanggan (Y)

5.    Tahapan Penelitian :
-          Penarikan sampel
-          Pengujian kuisioner menggunakan uji validitas
-          Pengujian kuisioner menggunakan uji reliabilitas
-          Menggunakan table coefficients
-          Menggunakan uji anova
-          Menggunakan model summary

Analisi dan Hasil

Setelah melakukan 6 tahapan penelitian yang menguji pengaruh kualitas produk dan kepuasaan pelanngan terhadap loyalitas konsumen, didapat hasil dari 3 pengujian bahwa kualitas produk dan kepuasan pelanggan berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada UKM tella krezz di cabang Bekasi.

Implikasi dan saran
  1. Dari perspektif kualitas produk, maka outlet Tela Krezz harus tetap menjaga mutu kualitas produk tersebut.
  2. Dari perspektif tingkat kepuasan konsumen yang dinilai sangat positif serta berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Maka pemilik usaha harus memberikan pelayanan yang lebih baik lagi.
  3. Dari perspektif kontribusi partial bahwa variabel kualitas produk dan variabel tingkat kepuasan konsumen memiliki pengaruh yang besar terhadap loyalitas pelanggan pada produk makanan Tela Krezz Cabang Bekasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar