Judul: PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN TINGKAT KEPUASAN
KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PRODUK MAKANAN TELA KREZZ CABANG
BEKASI
Pengarang : Agyl Satrio Hutomo
Latar Belakang :
Dewasa ini dunia usaha sangat berkembang dengan pesat, hal
ini disebabkan adanya ide kreatif dan inovatif. Konsumen yang potensial akan
mempertimbangkan berbagai faktor, diantaranya faktor kualitas produk, kepuasan
konsumen dan fasilitas yang ada sebelum memilih tempat yang dapat memberikan
kepuasan tertinggi terhadap konsumen.
Tingkat kesibukan yang tinggi membuat masyarakat modern
banyak menghabiskan waktu dirumah. Mereka lebih suka mencari jenis makanan
ringan. Sehingga pada jaman sekarang ini banyak sekali jenis ukm makanan kecil
yang bermunculan dengan harga yang terjangkau bagi semua lapisan masyarakat.
Bekasi merupakan salah satu daerah yang mempunyai banyak
sekali jenis usaha makanan ringan, salah satunya adalah jenis makanan Tela
Krezz yang terbuat dari bahan baku singkong yang disajikan dengan kemasan yang
menarik. Jenis usaha makanan ini di Bekasi sangat memberikan peluang bagi para
pengusaha.
Rumusan Masalah :
- Apakah kualitas produk mempunyai pengaruh yang positif terhadap loyalitas pelanggan?
- Apakah kepuasan konsumen mempunyai pengaruh yang positif terhadap loyalitas pelanggan?
- Apakah kualitas produk, kepuasan konsumen secara bersama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan?
Tujuan Penelitian :
- Untuk menganalisis tentang pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan.
- Untuk menganalsis pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas pelanggan.
- Untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, dan kepuasan konsumen secara bersama-sama terhadap loyalitas pelanggan
Metodologi Penelitian :
1. Data dan Sampel :
Sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden. Metode
penarikan sampel menggunakan metode simple random sampling.
2. Alat Analisis :
Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan
menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, table coefficients, uji anova, dan
model summary.
3. Model Penelitian :
4. Variable Penelitian :
- Variable
kepuasan konsumen (X1)
- Variable
kualitas produk (X2)
- Variable
Loyalitas pelanggan (Y)
5. Tahapan Penelitian :
- Penarikan
sampel
- Pengujian
kuisioner menggunakan uji validitas
- Pengujian
kuisioner menggunakan uji reliabilitas
- Menggunakan
table coefficients
- Menggunakan
uji anova
- Menggunakan
model summary
Analisi dan Hasil
Setelah melakukan 6 tahapan penelitian yang menguji pengaruh
kualitas produk dan kepuasaan pelanngan terhadap loyalitas konsumen, didapat
hasil dari 3 pengujian bahwa kualitas produk dan kepuasan pelanggan berpengaruh
secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada UKM tella krezz di cabang
Bekasi.
Implikasi dan saran
- Dari perspektif kualitas produk, maka outlet Tela Krezz harus tetap menjaga mutu kualitas produk tersebut.
- Dari perspektif tingkat kepuasan konsumen yang dinilai sangat positif serta berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Maka pemilik usaha harus memberikan pelayanan yang lebih baik lagi.
- Dari perspektif kontribusi partial bahwa variabel kualitas produk dan variabel tingkat kepuasan konsumen memiliki pengaruh yang besar terhadap loyalitas pelanggan pada produk makanan Tela Krezz Cabang Bekasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar