Kamis, 29 November 2012

Analisis Jurnal 3


Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Restoran Keluarga dan Implikasinya Terhadap Strategi Pemasaran Hot Cwie Mie Malang & Roellie's Restaurant di Wilayah Jakarta dan Sekitarnya, NI LUH PURNAMI, 2004.

Tema : Daya Tarik Sebuah Restoran Dalam Menarik Konsumen di Berbagai Wilayah di Indonesia

1.1 Latar Belakang Masalah

Meningkatnya jumlah bisnis restoran menyebabkan persaingan bisnis yang semakin ketat pada industri ini. Setiap restoran menawarkan kepada konsumennya konsep yang berbeda-beda mulai dari menawarkan rasa makanan yang unik, tempat yang nyaman dan unik, hingga perang harga dilakukan para pebisnis restoran.

1.2 Rumusan Masalah

Bagaimana segmentasi dan positioning dari restoran Hot CMM & Roellie's?

1.3 Tujuan Penelitian

Menganalisis segmentasi dan positioning dari restoran Hot CMM & Roellie's.

1.4 Metodologi Penelitian

1. Jenis Penelitian
Penelitian ini dilakukan dengan metode survei. Wawancara dilakukan dengan panduan kuesioner terstruktur guna mendapatkan data primer sedangkan waktu penelitian adalah dari bulan September sampai Desember 2003. 

2. Populasi dan Sampel
Populasi terdiri atas 100 orang koresponden yang datang ke restoran Hot CMM & Roellie's dengan teknik non probability sampling dengan cara convinience sampling.

3. Metode Analisis Data
Untuk menggali informasi dari data, metode yang digunakan meliputi analisis thurstone digunakan untuk mengetahui peringkat kepentingan atribut, analisis cluster dan analisis faktor untuk mengetahui segmentasi pelanggan, analisis korespondensi untuk memetakan positioning dari restoran Hot CMM & Roellie's, dan analisis performance importance untuk mengetahui tingkat kepentingan dan kinerja (performa) dari atribut.

1.5 Hipotesis

Secara keseluruhan restoran Hot CMM & Roellie's memilki kedekatan dengan atribut pelayanan yang ramah dengan tata interior yang menarik.

1.6 Hasil dan Analisis

Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen restoran Hot CMM & Roellie's dapat dikelompokkan menjadi tiga segmen berdasarkan aspek psikografis, yaitu attention seeker (32%), the affluent (30%), dan the achievers (38%).
Segmen the achievers merupakan segmen yang potensial bagi pengembangan pemasaran restoran Hot CMM & Roellie's.
Sedangkan hasil dari analisis faktor menunjukkan terdapat 4 (empat) faktor yang harus diperhatikan oleh Hot CMM & Roellie's untuk pengembangan pasarnya. Keempat faktor tersebut adalah faktor fasilitas fisik, faktor sumberdaya manusia, faktor produk serta yang terakhir adalah faktor harga.

1.7 Implikasi

Implikasi manajerial, yaitu : (1) Segmentasi Hot CMM & Roellie's merupakan informasi penting untuk perancangan strategi pemasaran terutama dalam pemilihan pasar sasaran dan strategi komunikasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar