Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Restoran Keluarga dan
Implikasinya Terhadap Strategi Pemasaran Hot Cwie Mie Malang & Roellie's
Restaurant di Wilayah Jakarta dan Sekitarnya, NI LUH PURNAMI, 2004.
Tema : Daya Tarik Sebuah Restoran Dalam Menarik
Konsumen di Berbagai Wilayah di Indonesia
1.1 Latar Belakang Masalah
Meningkatnya jumlah bisnis restoran menyebabkan persaingan
bisnis yang semakin ketat pada industri ini. Setiap restoran menawarkan kepada
konsumennya konsep yang berbeda-beda mulai dari menawarkan rasa makanan yang
unik, tempat yang nyaman dan unik, hingga perang harga dilakukan para pebisnis
restoran.
1.2 Rumusan Masalah
Bagaimana segmentasi dan positioning dari restoran Hot CMM
& Roellie's?
1.3 Tujuan Penelitian
Menganalisis segmentasi dan positioning dari restoran Hot
CMM & Roellie's.
1.4 Metodologi Penelitian
1. Jenis Penelitian
Penelitian ini dilakukan dengan metode survei. Wawancara
dilakukan dengan panduan kuesioner terstruktur guna mendapatkan data primer
sedangkan waktu penelitian adalah dari bulan September sampai Desember
2003.
2. Populasi dan Sampel
Populasi terdiri atas 100 orang koresponden yang datang ke
restoran Hot CMM & Roellie's dengan teknik non probability sampling dengan
cara convinience sampling.
3. Metode Analisis Data
Untuk menggali informasi dari data, metode yang digunakan
meliputi analisis thurstone digunakan untuk mengetahui peringkat kepentingan
atribut, analisis cluster dan analisis faktor untuk mengetahui segmentasi
pelanggan, analisis korespondensi untuk memetakan positioning dari restoran Hot
CMM & Roellie's, dan analisis performance importance untuk mengetahui
tingkat kepentingan dan kinerja (performa) dari atribut.
1.5 Hipotesis
Secara keseluruhan restoran Hot CMM & Roellie's memilki
kedekatan dengan atribut pelayanan yang ramah dengan tata interior yang
menarik.
1.6 Hasil dan Analisis
Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen restoran Hot CMM
& Roellie's dapat dikelompokkan menjadi tiga segmen berdasarkan aspek
psikografis, yaitu attention seeker (32%), the affluent (30%), dan the
achievers (38%).
Segmen the achievers merupakan segmen yang potensial bagi
pengembangan pemasaran restoran Hot CMM & Roellie's.
Sedangkan hasil dari analisis faktor menunjukkan terdapat 4
(empat) faktor yang harus diperhatikan oleh Hot CMM & Roellie's untuk
pengembangan pasarnya. Keempat faktor tersebut adalah faktor fasilitas fisik,
faktor sumberdaya manusia, faktor produk serta yang terakhir adalah faktor
harga.
1.7 Implikasi
Implikasi manajerial, yaitu : (1) Segmentasi Hot CMM &
Roellie's merupakan informasi penting untuk perancangan strategi pemasaran
terutama dalam pemilihan pasar sasaran dan strategi komunikasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar